12 Des 2010

Tips Google Chrome untuk Pemula

Apabila anda baru ganti program browser menjadi Google Chrome, tips berikut ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan browsing anda.
Goole mempromosikan Chrome sebagai browser steramlined yang menghapus sebagian besar komponen yang tidak diperlukan untuk memaksimalkan kecepatan merambah web. Tetapi akibatnya orang lantas menyalahartikan Chrome sebagai browser yang miskin fungsi.
Nah, dalam kesempatan ini saya akan berusaha memberikan beberpa tweak supaya chrome anda sesuai dengan kebutuhan surfing.



1. Manfaatkan Shortcut

Seperti browser lain, anda dapat menggunakan keyboard shortcut untuk menghemat waktu. misalnya :
[Ctrl]+[B] untuk ke bookmark bar,
[Shift]+[Esc] membuka Chrome Task Manager,
[Ctrl]+[J] menampilkan download window,
[Ctrl]+[L] memindahkan cursor ke address bar tanpa menggunakan Mouse,
[Ctrl]+[K] memindahkan cursor ke kotak pencarian,
[Ctrl]+[T] membuka Tab baru,
[Ctrl]+[N] membuka jendela baru,
[Ctrl]+[Shift]+[T] mengembalikan tab yang terakhir ditutup.
[Ctrl]+[Tab] memutar Tab Tab yang terbuka,
[Ctrl]+[W] menutup tab yang ada.


2. Pencarian Cepat

Google tentu saja dikenal sebagai mesin pencari (search Engine), sedangkan Chrome ingin agar pencarian bisa secepat mungkin. Anda dapat mencari web dengan mengetikkan keyword pada kotak alamat, atau bisa pula mencari situs tertentu dengan memasukkan domain dan kemudian menekan [Tab]. Anda dapat menggunakan keyword shortcut untuk pencarian menggunakan search engine tertentu; klik kanan di address bar dan seleksi 'Edit Search Engine' untuk menambah atau menghapus search engine dan menentukan keywordnya.



3. Costumisasi Home Tab

Seperti Opera, Chrome memiliki fitur fitur yang bagus yang menampilkan gid situs situs yang sering anda kunjungi. Grid ini dapat anda atur ulang sesuka hati dengan cara dragging dan droping Thumbnail, menyematkan thumbnail ke lokasi tertentu dengan menggunakan tombol pin atau mengubah grid menjadi tampilan daftar yang lebih sederhana dengan tombol view.



4. Multiple Homepage

Chrome dapat membuka situs situs favorit anda dalam tab-nya masing masing saat memulai browser. Cranya: pada menu Options Basics - centang tombol 'Open the Following pages' - kemudian tambahkan situs situs apa saja yang anda ingin terbuka saat startup. Anda pun dapat membuat browser membuka halaman halaman yang sedang anda tampilkan sebelum anda menghentikan sesi browsing terakhir.



5. Download Mudah

Semua browser menyimpan file file yang dianggap terbaik, bukan ditempat yang sebagaimana anda inginkan. Untuk mengubah Lokasi default download adalah : klik Options > Minor Tweaks > set lokasi tempat download. Masih ada alternatif lain yang ditawarkan, yaitu drag and drop out put download dari status bar ke desktop atau jendela explorer.


6. Menambahkan Warna


Interface Chrome sangat minimalis, jadi jika anda ingin mengganti tampilan Chrome bisa bisa saja, yaitu menggunakan Themes. Klik Spanner tool > pilih'Personal options' > klik 'get themes'. Pilih themes yang anda rasa cocok, klik 'Apply theme'.


7. Lindungi Privasi

Setiap orang mengetahui potensi masalah dari tracking cookies dan advert, namun harus dimengerti pula bahwa setiap instalasi Chrome memiliki ID unik masing masing, sehingga menjadikannya mudah dilacak oleh orang lain. Jika hal ini mengawatirkan anda, solusinya adlah Chrome privacy Guard (http://www.bit.ly/1lpxox). Install Toll tersebut, setelah itu ia akan menscan bagian dalam instalasi Chrome anda dan menghapus unique clien ID.


8. Membuat Shortcut


Anda bisa menggunakan Chrome untuk membuat shortcut desktop ke aplikasi aplikasi web favorit seperti Google Mail, Flickr, Twitter dsb. Begitu diluncurkan, aplikasi ini akan muncul di jendela terpisahnya sendiri tanpa nenerapa toolbar toolbar, tab, bookmark biasa milik Chrome, tetapi beberapa link yang anda klik akan membuka tab baru secar cepat dalam Chrome. Untuk membuat sebuah shortcut : buka situs yang ingin anda buat shortcut > ke menu Page > pilih 'Create application shortcuts'. Akan muncul opsi menyimpan shortcut ke desktop, Quick launc bar atau Start menu.


9. Ekstensi Chrome

Seperti Firefox, Chrome juga mendukung plug-in, meskipu  baru tahap permulaan. Ketik about:plugins di address bar untuk melihat plugins yang sudah terinstall.


10. Explorasi Program


Ingin tahu apa yang ada dalam google chrome ? untuk informasi umum pada browser ketik about:' di address bar. Akan muncul informasi dasar seputar pengembangan browser, V8 Java Script engine dan seterusnya. Perintah ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang elemen elemen khusus aplikasi. Misalnya, utnuk melihat seberapa bagus DNS pre-fetching system browser yang sedang bekerja, masukkan saja about:dns


Demikianlah beberapa tips menggunakan Google Chrome bagi pemula sepreti saya...hehehehe..
Semoga Membantu.

2 komentar:

wah,,hampir ga pernah saya pakai chrome,,soalnya firefox udah mendarah daging,,,hehe ^_^
btw cepetan mana firefox ma crome teman?

kalau untuk ngeload gambar dan video cepet Chrome kawan, tapi kalu soal script, cepet firefox, malahan Chrome tidak bisa ngeload.Dulu Chrome ane tidak bisa ngeload Yahoo! kawan.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More